ALGORITMA PEMROGRAMAN
1.
Definisi
Pemrograman
Pemrograman adalah proses
menulis, menguji dan memperbaiki (debug), dan memelihara kode yang membangun
suatu program komputer. Kode ini ditulis dalam berbagai bahasa pemrograman.
Tujuan dari pemrograman adalah untuk memuat suatu program yang dapat melakukan
suatu perhitungan atau 'pekerjaan' sesuai dengan keinginan pemrogram.
2. Definisi
Algoritma
Dilihat dari istilahnya
algoritma, berasal dari nama seorang matematikawan muslim bernama Abu Ja‟far Muhammad Ibnu Musa
Al-Khuwarizmi (780 M-850), yang oleh orang barat menyebut AlKhuwarizm sebagai
Algorism, yang diartikan proses menghitung dengan angka arab. Salah satu karya
beliau yang monumental adalah buku berjudul Kitab Al Jabar Wal-Muqabala yang
artinya “Buku pemugaran dan pengurangan” (The book of restoration and
reduction), yang menjadi cikal bakal istilah “Aljabar” (Algebra) yang dipakai
hingga sekarang ini. Seiring dengan perkembangan jaman istilah 'Algorism'
berubah menjadi algorithm yang kemudian diartikan sebagai metode perhitungan
(komputasi) secara umum. Dalam bahasa Indonesia, kata algorithm diserap menjadi
algoritma.
Menurut definisi, algoritma
adalah urutan langkah-langkah penyelesaian masalah yang disusun secara
sistematis dan logis. Dalam beberapa konteks, algoritma dapat diartikan urutan
langkah-langkah yang spesifik (tertentu) untuk melakukan suatu pekerjaan. Jadi
algoritma tidak hanya diartikan sebatas pada perhitungan dengan komputer saja
tapi dapat diartikan lebih luas dalam kehidupan sehari-hari. Resep masakan
adalah contoh algoritma yang ada di kehidupan sehari-hari. Petunjuk pemasangan
AC, petunjuk perakitankomputer, petunjuk installasi software, panduan pengisian
token listrik, Jadwal acara kegiatan adalah berbagai bentuk algoritma yang ada
di kehidupan sehari-hari.Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis
penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis”. Kata Logis
merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus
logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar. Penyajian algoritma
secara garis besar bisa dalam 2 bentuk penyajian yaitu tulisan dan gambar.
Algoritma yang disajikan dengan tulisan yaitu pseudo code. Selanjutnya
algoritma disajikan dengan gambar, yaitu dengan Flowchart.
3. Struktur
Algoritma
Inti dari algoritma adalah
menemukan solusi dari suatu permasalahan. Untuk menyelesaikan masalah,
algoritma membutuhkan spesifikasi input (masukan) sesuai yang diperlukan,
memprosesnya melalui serangkaian langkah-langkah dan menghasilkan output
sebagai solusi dari permasalahan.
Secara umum struktur Algoritma terdiri dari 3
bagian,yaitu::
1.
Nama/judul Algoritma
Nama
Algoritma memberikan gambaran secara singkat apa tujuan dari Algoritma,
misalkan nama resep masakan,
petunjuk melakukan sesuatu,
jadwal kegiatan, langkah-langkah penyelesaian sebuah
masalah, dan sebagainya.
Pemberian nama Algoritma
disarankan singkat dan jelas, namun sudah mewakili maksud dari
algoritma. Dalam Algoritma komputer biasanya nama algoritma dituliskan tanpa
menggunakan spasi, misalkan Algoritma VolumeBalok atau Algoritma Volume_Balok
2.
Bagian Deklarasi
Bagian deklarasi
merupakan tahap persiapan
dari algoritma . Pada
bagian ini dijelaskan kebutuhan agar
algoritma dapat berjalan.
Istilah lainnya di
sinilah alat dan
bahan didefinisikan. Dalam algoritma
pemrograman, bagian deklarasi
menjelaskan input (masukan) apa
saja yang akan
diproses oleh algoritma
termasuk jenis data
input (tipe data), juga
output apa yang
akan dihasilkan serta
semua hal yang akan
dipakai dalam algoritma. Yang
didefiniskan dalam algoritma
ini termasuk variabel,
tipe data, konstanta, nama prosedur, tipe, dan fungsi,
yang akan kita pelajari pada materi selanjutnya.
3.
Bagian Deskripsi
Pada bagian
ini dijelaskan serangkaian
langkah-langkah (instruksi) atau
pernyataan (statement) untuk memproses
alat dan bahan
atau inputan untuk
menghasilkan output sesuai yang
diharapkan. Langkah-langkah dalam algoritma
dituliskan dari atas ke bawah. Urutan penulisan menentukan urutan
perintah.
Berikut ini gambaran struktur sebuah Algoritma:
Resep Puding Mutiara
Bahan
:
1
bungkus tepung hunkwe
250
gram gula pasir
1
gelas santan kental
3
gelas air
100
gram mutiara/ pacar cina, rebus, tiriskan
1
lembar daun pandan
½
sendok teh garam
Cara
Pembuatan:
1) Campurkan
tepung hunkwe, gula pasir dan santan, tambahkan air, garam dan daun pandan lalu
masak sambil diaduk agar rata.
2)
Masukkan
mutiara ke dalam adonan tepung hunkwe, aduk hingga rata.
3) Tunggu
hingga adonan mendiddih dan mengental, angkat dan tuang dalam cetakan, kemudian
dinginkan
4) Jika
puding sudah dingin dan padat, keluarkan dari cetakan dan sajikan.
Dalam algoritma resep masakan di atas dapat dilihat bahwa
proses disusun dengan sistematis dalam bentuk urutan rangkaian kerja. Dalam
kasus ini semua proses harus urut satu persatu dikerjakan dari nomor 1 hingga
4.
PSEUDOCODE & FLOWCHART
1. Pseudo
: menyerupai, code: kode
Pseudo merupakan kode yang
menyerupai kode program yang sesungguhnya tidak ada aturan standar
penulisannya, ditujukan untuk dibaca manusia, bukan dibaca mesin (komputer).
Contoh: Algoritma Mengirim pesan WhatsApp.
Mulai
Ambil Handphone
Nyalakan Handphone
Buka Aplikasi WhatsApp jika sudah
terinstal. Jika belum download aplikasinya
Pilih kontak penerima pesan
Tulis pesan
Kirim pesan
Selesai
2. Flowchart
(Diagram Alir)
Flowchart atau bagan alir
adalah gambar atau bagan yang memperlihatkan urutan dan hubungan antar proses
beserta pernyataannya. Gambaran ini dinyatakan dengan simbol. Berikut adalah
simbol flowchart yang sering digunakan:
Gambar Simbol Flowchart
(Agoan, 2011)
Suatu Algoritma dapat terdiri dari tiga
struktur dasar, yaitu :
1) Struktur
runtutan/beruntun: digunakan untuk program yang pernyataannya sequential atau
urutan. Contoh flowchart untuk menghitung luas segitiga:
Gambar Flowchart Struktur Runtutan
(Maulana, 2012)
2) Struktur
pemilihan/percabangan: digunakan untuk program yang menggunakan pemilihan atau
penyeleksian kondisi. Contoh struktur percabangan untuk masalah batasan umur.
Gambar Flowchart Struktur Percabangan
(Maulana, 2012)
3) Struktur
perulangan: digunakan untuk program yang pernyataannya akan di eksekusi
berulang-ulang. Contoh flowchart untuk mencetak pernyataan sebanyak 100x.
Gambar Flowchart Struktur Perulangan
(Maulana, 2012)
No comments:
Post a Comment