Selamat datang di Blog Yan Paul Pala'langan

Contoh Soal Pilihan Ganda Pemrograman Dasar

Berikut contoh soal pemrograman dasar berjumlah 40 soal tanpa jawaban. Bisa gunakan soal ini untuk latihan, membuat ulang soal, dan lain-lain. Soal-soal ini hasil dari bank soal yang didapat dari materi algoritma pemrograman dan aplikasi C++. Sebagai latihan, jawablah soal ini dengan benar.

 Apakah fungsi dari tanda {} pada c++?
a.     Mengkompile program
b.    Mengeksekusi program
c.    Memberikan komentar
d.    Memblok program
e.    Menggabungkan program

Fungsi dari gets adalah....
a.     Menampilkan tulisan
b.    Menampilkan huruf besar
c.    Membaca spasi
d.    Membaca garis bawah
e.    Memberi variabel

Tipe data berikut akan memberi nilai output, kecuali....
a.    Int
b.    Float
c.    Char
d.    Void
e.    Boolean

Dibawah ini yang merupakan tipe data dalam c++....
a.    Int, float, char, double, const
b.    Float, int, double, const
c.    Int, float, char, double
d.    Const, main, void, double
e.    Const, var, void, float

Penulisan kode program untuk identifier yang benar adalah...
a.    Long 4000;
b.    Float?2;
c.    Long break;
d.    Int a,b,c;
e.    var a, b,c : integer

Identifier yang digunakan untuk mengidentifikasi data yang nilainya sudah ditentukan dan tidak dapat dirubah saat program berjalan, disebut.....
a.    Variabel
b.    Konstanta
c.    Tipe data
d.    Label
e.     Input

Apakah fungsi dari getch?
a.    Manampilkan karakter tanpa menekan tombol enter
b.    Membuat program berjalan
c.    Menahan agar program dapat di-compile
d.    Membaca spasi pada program
e.    Memberi output program

Apakah perbedaan dari cout dan cin?
a.    Keluaran dan keluaran
b.    Masukkan dan masukkan
c.    Keluaran dan masukkan
d.    Masukkan dan keluaran
e.    Proses dan masukan

Mengapa program bahasa c++ bersifat case sensitive?
a.    Huruf besar dan kecil sama
b.    Huruf besar dan kecil sama-sama
c.    Huruf besar dan kecil berbeda-beda tetapi tetap satu
d.    Huruf besar dan kecil diketik bersamaan
e.    Huruf besar dan kecil dianggap beda

Apakah fungsi dari tipe data char?
a.    Menulis karakter
b.    Menulis nilai huruf
c.    Memberikan efek
d.    Memberi warna
e.    Memberi input

Dibawah ini merupakan tipe data bilangan bulat....
a.     Float
b.    Char
c.    String
d.    Cin
e.    Int

Dibawah ini merupakan operator aritmatika, kecuali....
a.           +
b.          –
c.           /
d.          >/
e.       *

Yang merupakan operator logika adalah...
a.           And
b.          Don’t
c.           Sit
d.          endl
e.    End

Yang tidak termasuk pada operator relasional adalah....
a.     <
b.     ==
c.    >=
d.     <=
e.          <&


Dibawah ini yang tidak termasuk header file yaitu....
a.           Iostream.h
b.          Iomanpt.h
c.           Conio.h
d.          Stdio.h
e.          Iomanip.h

Perhatikan script program di bawah ini!
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
Void main()
{
 Clrscr();
 Int a,b,c;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>a;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>b;
{
C=a+b;
Cout<<”a+b”<<”=”<<c<<endl;
Getch();
}
Dari program diatas, manakah yang disebut header file?
a.    Clrscr();
b.    void main()
c.    int a,b,c
d.    getch();
e.    <Iostream.h> dan <conio.h>

Perhatikan script program di bawah ini!
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
Void main()
{
 Clrscr();
 Int a,b,c;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>a;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>b;
{
C=a+b;
Cout<<”a+b”<<”=”<<c<<endl;
Getch();
}
Dari program diatas, operator yang digunakan dalam program diatas adalah....
a.    logika
b.    bitwise
c.    relasional
d.    aritmatika
e.     perbandingan


Perhatikan script program di bawah ini!
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
Void main()
{
 Clrscr();
 Int a,b,c;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>a;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>b;
{
C=a+b;
Cout<<”a+b”<<”=”<<c<<endl;
Getch();
}
Tipe data yang digunakan dalam program di atas yaitu ......
a.    Float
b.    Double
c.    Int
d.    Char
e.    Boolean

Perhatikan script program di bawah ini!
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
Void main()
{
 Clrscr();
 Int a,b,c;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>a;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>b;
{
C=a+b;
Cout<<”a+b”<<”=”<<c<<endl;
Getch();
}
Dari program diatas, dibawah ini manakah yang disebut variabel?
a.    endl;
b.    a,b,c;
c.    c=a+b;
d.    void main
e.    Clrscr();









Perhatikan script program di bawah ini!
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
Void main()
{
 Clrscr();
 Int a,b,c;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>a;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>b;
{
C=a+b;
Cout<<”a+b”<<”=”<<c<<endl;
Getch();
}
Dari program diatas perintah untuk <conio.h> adalah....
a.    clrscr dan getch
b.    cout dan cin
c.    clrscr dan cin
d.    cout dan getch
e.    cin dan getch

Perhatikan script program di bawah ini!
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
Void main()
{
 Clrscr();
 Int a,b,c;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>a;
Cout<<”masukkan angka :”;cin>>b;
{
C=a+b;
Cout<<”a+b”<<”=”<<c<<endl;
Getch();
}
Dari program diatas perintah untuk header iostream yaitu....
a.           Getch dan void  main
b.          Void main cin
c.           Clrscr dan cout
d.          Cout dan cin
e.     Clrscr dan cin

 Fungsi dari perintah Clrscr adalah....
a.           Membersihkan tulisan
b.          Menampilkan karakter
c.           Membersihkan layar
d.          Menahan tampilan
e.     Menjalankan program



Header file yang digunakan untuk memberi warna tulisan pada bacground c++ adalah...
a.     windows.h
b.     iomanip.h
c.     string.h
d.     stlib.h
e.    conio.h

Perintah yang digunakan pada windows.h yaitu....
a.           Conio
b.          Clrscr
c.           Strcpy
d.          system
e.    Cin

Dalam menyusun suatu program,langkah pertama yang harus dilakukan adalah .....
a.     Membuat program
b.     Membuat Algoritma
c.     Membeli komputer
d.     Proses
e.     Mempelajari program

Sebuah prosedur langkah demi langkah yang pasti untuk menyelesaikan sebuah masalah disebut ......
a.     Proses
b.     Program
c.     Algoritma
d.     Step
e.     Diagram

Pada pembuatan program komputer, algoritma dibuat ....
a.     Sebelum pembuatan program
b.     Pada saat program dibuat
c.     Sesudah pembuatan program
d.     Pada saat verifikasi program
e.     Pada saat dijalankan

Tahapan dalam menyelesaikan suatu masalah adalah .....
a.     Masalah-Pseudocode-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
b.     Masalah-Algoritma-Flowchart-Program-Eksekusi-Hasil
c.     Masalah-Model-Algoritma-Eksekusi-Hasil
d.     Masalah-Model-Algoritma-Program-Eksekusi-hasil
e.     Algoritma-Program-Model-Eksekusi-Hasil

Di berikan algoritma P=10; P=P+5; Q=P. Nilai P dan Q masing-masing adalah :
a.     15 dan 0
b.     0 dan 15
c.     15 dan 15
d.     0 dan 10
e.     10 dan 15
Diberikan algoritma: Apabila warna merah maka jadi hijau. Apabila warna hijau maka jadi putih, selain warna merah dan hijau maka jadi ungu. Jika kondisi input warna adalah hitam, maka warna jadi ....
a.     Merah
b.     Ungu
c.     Hijau
d.     Putih
e.     Abu-abu

Berikut ini penggunaan yang benar mengenai nama variable, kecuali....
a.           Float nilai
b.          Int a
c.           Char nama lengkap
d.          Char alamat
e.           Int usia

Berikut ini variabel yang pasti memiki tipe data integer yaitu ....
a.    PanjangBalok
b.          LuasPersegi
c.           TotalGaji
d.          JumlahAnak
e.           NilaiTertinggi

Operasi 22 MOD 4 memberikan hasil ....
a.           5
b.          5,5
c.           2
d.          FALSE
e.           TRUE

Int a = 12, int b = 3, int hasil = a % b
Maka nilai hasil adalah ....
a.          0
b.          1
c.           2
d.          4
e.           9


Simbol apakah flowchart diatas?
a.           Terminator
b.          Input/output
c.           Proses
d.          Pemilihan
e.           Preparasi


Simbol apakah flowchart diatas?
a.           Terminator
b.          Input/output
c.           Proses
d.          Pemilihan
e.           Preparasi

Jika <kondisi> bernilai benar maka pernyataan1 dikerjakan. Sedangkan jika tidak (<kondisi> bernilai salah), maka pernyataan yang dikerjakan adalah pernyataan2. Hal tersebut adalah penjelasan dari percabangan...
a.           1 kondisi
b.          2 kondisi
c.           Lebih dari 2 kondisi
d.          Percabangan bersarang
e.           Perulangan


 
Struktur pada gambar di atas adalah .....
a.     Percabangan
b.     Perulangan
c.     Aritmatika
d.     Logika
e.     Tipe Data

Perhatikan algoritma berikut:
Algoritma UlangAlik
Variabel i, a n : integer
1)      n = 10
2)      a = 2
3)      i = 1
4)      WHILE a <= 3n DO
5)      a = a+4
6)      WRITE a
7)      END
Output dari algoritma di atas adalah ....
a.        28
b.        29
c.        30
d.       31
e.        32

Algoritma ganjilGenap
Variabel n : integer
Pilihan : karakter
1)        REPEAT
2)        READ n
3)        IF (n MOD 2 == 0) THEN
4)        WRITE “Genap”
5)        ELSE
6)        WRITE “Ganjil”
7)        WRITE “Ingin menghitung lagi? y/n”
8)        READ pilihan
9)        UNTIL (pilihan == “n”)
10)    END
Pernyataan yang benar mengenai algoritma di atas adalah...
a.           Input pengertian perulangan itu sendiri
b.          Pengguna dapat menentukan bilangan ganjil genap sebanyak yang dia mau
c.           Pengguna dapat berhenti jika dia tidak mengetikan karakter ‘y’
d.          Algoritma di atas dapat diubah dalam struktur WHILE DO
e.           Iteratornya adalah variabel pilihan
Share:

No comments:

Followers

Video Terbaru

Pengunjung Blog

YP

YP